Program Guru Penggerak Disdik Tanggamus Sebagai Motivator Dan Penggagas Mutu Pendidikan

Tanggamus, -Pendidikan Guru Penggerak merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendamping yang berfokus pada perkembangan mutu pendidikan dengan meningkatkan sistem kepemimpinan pembelajaran kepada peserta didik secara holistic. Kemudian aktip dan proaktip dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk menjadi teladan dan mewujudkan profile pelajar pancasila.

Hal ini disampaikan Yadi Mulyadi,ST,MM didampingi Ruslan Sekdisdik dan Helpin Rianda Kabit/Kepala Bidang Ketenagaan Disdik Tanggamus saat ditemui tim KMI diruangannya, Selasa (12-10-21). Menurutnya program kementrian pendidikan,riset dan teknologi berlangsung selama (9) sembilan bulan kedepan yang bertujuan untuk meningkatkan kopetensi dan pedagogi guru sehingga dapat menghasilkan profile guru dengan berbagai kriteria.

Kriteria tersebut yaitu untuk mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi, memiliki kematangan moral, emosional dan spiritual untuk berprilaku sesuai kode etik, merencanakan, menjalankan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.

“Melalui program ini kita berupaya mewujudkan visi satuan pendidikan yang optimal pada proses pembelajaran kepada peserta didik yang lebih relevan dengan berkolaborasi kepada orang tua peserta didik,” kata Yadi Mulyadi kepada tim KMI.

Adapun manfaat program tersebut yaitu, bergeraknya komunitas belajar secara berkelanjutan sebagai tempat diskusi dan simulasi agar guru dapat menerapkan pembelajaran aktif yang sesuai dengan potensi dan tahap perkembangan peserta didik. Diterapkannya pembelajaran aktip oleh guru lain di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sekitar. Terbangunnya rasa nyaman dan bahagia peserta didik berada di lingkungan satuan pendidikan. Meningkatnya sikap positif peserta didik terhadap proses pembelajaran yang bermuara pada peningkatan hasil belajar. Terwujudnya lingkungan fisik dan budaya satuan pendidikan yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik dan terbukanya kesempatan bagi guru penggerak untuk menjadi pemimpin satuan pendidikan.

Dalam hal ini, Yadi Mulyadi  mengharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti program tersebut dengan bersungguh sungguh.

“Bagi peserta yang lulus dalam seleksi program Guru Penggerak ini agar dapat mengikuti rangkaian program Guru dengan sepenuh hati,” harapnya.

Selanjutnya, Yadi Mulyadi menambahkan supaya Para Kepala Sekolah tempat CGP bernaung memberikan dukungan baik secara moril maupun materil.

“Karena dengan koordinasi dan kolaborasi yang baik akan melahirkan transformasi pendidikan ke arah yang lebih baik khusus di Kabupaten Tanggamus,” tukasnya.

(M Darwin)